Apakah hepatitis B itu?

Hepatitis adalah istilah terjadi peradangan pada liver. Hepatitis B adalah peradangan liver yang disebabkan oleh Hepatitis B Virus (HBV). Seluruh dunia diperkirakan 300 juta orang merupakan karier (pembawa) hepatitis B, dengan infeksi baru 10-30 juta orang per tahun. Setiap tahun sekitar satu juta orang di dunia meninggal karena hepatitis B.

Bagaimana penularan hepatitis B?

HBV dapat ditularkan melalui darah dan produk darah, hubungan kelamin, penggunaan jarum suntik yang tercemar HBV serta penularan dari ibu yang menderita hepatitis B kepada bayinya saat proses kelahiran. Hepatitis cepat menyebar karena orang yang mengidap hepatitis B sering tidak menyadarinya, dan secara tidak sengaja menularkannya kepada orang lain yang kontak erat dengannya.

Bagaimana gejala hepatitis B?

Sebagian besar kasus hepatitis B tanpa gejala dalam beberapa tahun. Gejala kadang baru muncul jika sudah terjadi komplikasi seperti sirosis hati dan kanker hati. Hepatitis B akut mempunyai gejala mata kuning, kelemahan, rasa tidak nyaman di perut kanan atas, mual dan hilang nafsu makan. Hepatitis B akut bisa sembuh sempurna, tetapi sekitar 5% penderita dewasa akan menjadi karier hepatitis B dan hepatitis B kronis. Jika infeksi  pada bayi baru lahir diperkirakan 90% akan menjadi kronis, sehingga sangat penting pemberian vaksin hepatitis B.

Apakah hepatits B kronis itu?

Jika virus tidak dapat dieliminasi secara sempurna maka dalam darah dan hati tetap terdapat virus, meskipun kadang tanpa disertai gejala apapun. Di seluruh dunia terdapat sekitar 400 juta manusia pengidap kronik hepatitis B. Problem pada hepatitis B kronik adalah terdapatnya kemungkinan untuk berkembang manjadi sirosis hati atau kanker hati beberapa tahun setelah terinfeksi, serta kemungkinan untuk tidak secara sengaja menularkannya kepada orang lain.

Bagaimana pencegahan terkena hepatitis B?

Pencegahan dengan pemberian vaksinasi hepatitis B baik pada bayi/anak-anak maupun dewasa. Sebelum divaksinasi perlu dilakukan pemeriksaan darah HbsAg, anti Hbs dan anti Hbc. Apabila seseorang telah divaksinasi tiap tahun akan mengalami penurunan kekebalan antibodi terhadap hepatitis B, tiap 3-5 tahun dapat dilakukan booster vaksinasi. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal tersebut.

Cek HbsAg dan anti Hbs sebelum anda melakukan vaksinasi hepatitis B

 

Apa pilihan terapi hepatitis B?

Pilihan terapi hepatitis B dapat Anda konsultasikan dengan dokter:

  • Obat antiviral.
  • Hindari alkohol
  • Diit hati
  • Hindari zat-zat kimia dalam makanan (misal: pemanis, pengawet, pewarna, dengan mengurangi produk kaleng dan olahan pabrik)
  • Masak makanan dengan baik.
  • Makan banyak sayuran dan buah yang kaya antioksidan.
  • Hindari menghirup uap/pengencer cat dan produk pembersih yang mengandung phenol dan benzene

Penderita hepatitis B harus  tetap optimis dan tetap dapat menjalani hidup dengan bahagia.

 

Saya adalah penderita hepatitis B, apa yang harus dilakukan?

Sebagai seorang penderita hepatitis B beberapa hal yang harus Anda jalani dan perhatikan adalah:

  • Menjaga kesehatan, menghindari makanan dan obat yang memberatkan hati. Hati-hati dalam mengkonsumsi herbal dan jamu-jamuan. Konsultasikan dengan dokter mengenai obat-obatan yang dapat Anda konsumsi.
  • Konsultasi rutin ke dokter penyakit dalam (internist) atau ahli penyakit hati dan saluran cerna (gastroenterohepatologist) , berguna untuk memonitor fungsi hati dan perjalanan penyakit serta deteksi dini kanker hati. Monitor dengan pemeriksaan fisik, laboratorium (AST, ALT, HbsAg, Anti HBs, Anti HBc, HbeAg, HBV DNA, dan alpha-feto protein jika diperlukan), USG hepar.
  • Lindungi orang-orang yang Anda kasihi disekitar Anda:
  • Keluarga Anda harus mendapatkan vaksinasi hepatitis B, tindakan ini cukup efektif mencegah penularan hepatitis B.
  • Hepatitis B menular melalui darah dan cairan tubuh yang terinfeksi, maka: jika terluka, tutup luka dengan baik; gunakan kondom saat berhubungan sex; jangan bergantian memakai sikat gigi, jarum, pisau pencukur, pemotong kuku, anting; jika ada bekas darah di kain rendah dengan pemutih/bleach (1 pemutih : 9 air); Anda tidak perlu melakukan donor darah dan donor organ.
  • Hepatitis B tidak menular dengan batuk, bersin, pelukan sehingga Anda tetap dapat berada didekat orang-orang yang Anda sayangi.