This post send by Tina

Assalammu’alaikum dok,
Sebelumnya saya mau mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang dokter berikan utk kami (para pembaca) bisa konsultasi secara online.

Dok, saya mau bertanya. Perut saya sebelah kanan kadang suka perasa sakit dan pegal. Tapi kadang sakitnya berpindah-pindah, kadang di atas yang bisa menjalar sampai ke belakang, kadang di bawah, dan kadang ketika berjalan suka berasa di perut bawah sebelah kanan tersebut. Tapi sampai hari ini sakitnya sih masih bisa di tahan. Suka berasa saja. Saya khawatir kalo ada penyakit dalam di dalam diri saya. Usia saya 28 thn dengan tinggi badan 171kg dan BB 75kg. Saya sdh mempunyai anak 1 (21 bln) dan sampai skrg masih menyusui. Aktifitas sehari-hari saya adalah bekerja di back office. Saya khawatir kalo saya menderita hepatitis B karena saudara kembar saya menderita penyakit tersebut. Terakhir saya periksa utk hepatitis B adalah sebeulm saya menikah, tepatnya hampir 3 thn yang lalu dan hasil nya negatif. Setelah saudara kembar saya positif menderita hepatitis B, saya sudah menghidari hal-hal yang bisa menularkan penyakit tersebut. Makan dan minum juga sudah tidak bareng lagi. Saya menderita juga punya penyakit maag.

Dok, kadang saya juga merasa kalau aroma nafas saya kok berbau tidak sedap ya. Sebenernya saya mau ke dokter THT tapi blm sempat, recana akhir minggu ini akan ke dokter THT karena saya merasa seperti ada dahak yang sangat sulit untuk di keluarkan dari tenggorokan/kerongkongan. Apakah penyebab bau nafas saya itu karena perut saya yang suka sakit atau karena dahak tersebut ya?

Mohon jawabannya ya dok. Terima kasih banyak..

Wassalam,

Tina