Sakit Perut

This post send by Tina

Assalammu’alaikum dok,
Sebelumnya saya mau mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang dokter berikan utk kami (para pembaca) bisa konsultasi secara online.

Dok, saya mau bertanya. Perut saya sebelah kanan kadang suka perasa sakit dan pegal. Tapi kadang sakitnya berpindah-pindah, kadang di atas yang bisa menjalar sampai ke belakang, kadang di bawah, dan kadang ketika berjalan suka berasa di perut bawah sebelah kanan tersebut. Tapi sampai hari ini sakitnya sih masih bisa di tahan. Suka berasa saja. Saya khawatir kalo ada penyakit dalam di dalam diri saya. Usia saya 28 thn dengan tinggi badan 171kg dan BB 75kg. Saya sdh mempunyai anak 1 (21 bln) dan sampai skrg masih menyusui. Aktifitas sehari-hari saya adalah bekerja di back office. Saya khawatir kalo saya menderita hepatitis B karena saudara kembar saya menderita penyakit tersebut. Terakhir saya periksa utk hepatitis B adalah sebeulm saya menikah, tepatnya hampir 3 thn yang lalu dan hasil nya negatif. Setelah saudara kembar saya positif menderita hepatitis B, saya sudah menghidari hal-hal yang bisa menularkan penyakit tersebut. Makan dan minum juga sudah tidak bareng lagi. Saya menderita juga punya penyakit maag.

Dok, kadang saya juga merasa kalau aroma nafas saya kok berbau tidak sedap ya. Sebenernya saya mau ke dokter THT tapi blm sempat, recana akhir minggu ini akan ke dokter THT karena saya merasa seperti ada dahak yang sangat sulit untuk di keluarkan dari tenggorokan/kerongkongan. Apakah penyebab bau nafas saya itu karena perut saya yang suka sakit atau karena dahak tersebut ya?

Mohon jawabannya ya dok. Terima kasih banyak..

Wassalam,

Tina

One Response to Sakit Perut

  • dr. Betty Dwi Lestari, MSc., SpPD
    dr. Betty Dwi Lestari, MSc., SpPD says:

    Wassalaamu’alaikum Ibu Tina, nyeri perut kanan yang hilang timbul harus dicari penyebabnya Hepatitis B bisa dicegah dengan vaksinasi, sebaiknya Ibu divaksin apalagi ada saudara kembar yang menderita Hepatitis B, suami saudara kembar Ibu juga sebaiknya divaksin supaya terlindungi. Bau nafas yang tidak sedap bisa dari rongga mulut, saluran pencernaan dan saluran napas, juga bisa dari penyakit sistemik seperti diabetes dan ginjal. Sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan fisik yang lebih teliti, dokter akan menyarankan pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk konfirmasi diagnosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Recent Comments

Terima kasih telah mengunjungi website ini. Website ini saya bangun sebagai upaya memberikan informasi kepada masyarakat mengenai penyakit dalam.
Silahkan memanfaatkan fitur tanya jawab online untuk berkonsultasi seputar ilmu penyakit dalam. Semoga website ini bisa bermanfaat bagi anda semua.
Daftarkan Email Anda

Dapatkan informasi kesehatan penyakit dalam dengan cara mendaftarkan email anda. Terima kasih

Join 287 other subscribers

Menstruasi lama

This post send by widya Kenapa menstruasi saya tidak berhenti sudah 20 hari lebih, sebelumnya saya pakai KB suntik 1

Read more

 
Sakit perut

This post send by lalu ismail marzuki Malam dok. Saya mau konsul. Perut saya sebelah kanan atas terasa keram tapi

Read more

 
Jantung rematik

This post send by luluk widayati Apakah jantung rematik harus dilakukan operasi? Jika tidak apakah yang akan terjadi pada penderita

Read more

 
Benjolan di ketiak

This post send by zia Selamat malam dok, saya mau tanya saya ada benjolan di ketiak tidak begitu besar dan

Read more