TBC kelenjar

Assalaamu’alaikum wr wb
Dok saya tahun 2006 divonis TB kelenjar dan saya menjalani pengobatan selama 4 bln terputus. Dan saya mulai pengobatan tahun 2008 saya rotgen adanya flek di paru, dan 2009 terputus karena saya lalai dalam minum obat. Sekarang saya merasakan badan sering demam dan nyeri dada yang membuat saya sesak. Sekarang saya bertekad ingin sembuh dok .. saya ingin melakukan pengobatan ulang.. itu diperlukan biopsi lagi tidak dok di kelanjar saya yang 2006 di biopsi.. dan apa saya bisa termasuk TB MDR atau suspek cida .. saya mohon dijawab ya dok. Terima kasih

3 Responses to TBC kelenjar

  • dr. Betty Dwi Lestari, MSc., SpPD
    dr. Betty Dwi Lestari, MSc., SpPD says:

    Wa’alaikumsalam wr. wb.
    Jika pengobatan terputus bisa dilakukan terapi tanpa melakukan biopsi ulang tetapi dokter akan melakukan pengecekan laboratorium untuk mengetahui kondisi terbaru. TB MDR bisa dikonfirmasi dengan kultur BTA kuman. Dalam minum obat TB harus teratur dan tuntas karena jika terjadi MDR akan sulit mencari obat penggantinya. Selain itu risiko penyebaran TB di organ-organ tubuh bisa menyebabkan infeksi yang fatal. Silahkan berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam lebih lanjut untuk pengobatannya.

  • Chriss says:

    Dokter,
    Pada bulan Des 2012 saya mendapati beberapa benjolan di leher kanan (ada 5 benjolan). Kemudian saya memeriksakan diri ke dokter kantor, dan beliau menyarankan dilakukan biopsi untuk mengetahui isi kelenjar. Sebulan sebelumnya saya pernah rontgen karena batuk yang tak kunjung berhenti selama 2 minggu meski telah minum obat. Hasil rontgen menyatakan paru-paru saya bersih.
    Hasil pemeriksaan biopsi di dokter ahli bedah menyatakan saya terkena limfadenitis spesifik akan TBC Paru. Pengobatan pun dimulai. Dokter memberikan obat minum Ri**** 4-FDC untuk konsumsi 6 bulan tidak boleh terputus. Pengobatan dimulai pada 6 Des 2012 asumsi saya pengobatan selesai pada 6 Mei 2013. Ternyata seharusnya pengobatan selesai pada 6 Juni 2013. Saya baru menyadari ketika saya konsul lagi pada 21 Mei 2013, karena merasa masih ada 3 benjolan kecil di leher. Kondisi saya saat ini sedang flu (demam, pusing dan batuk). Dokter menyarankan agar minggu depan setelah kondisi badan lebih fit, dilakukan pengecekan lab ulang untuk melihat efek pengobatan 5 bulan.

    Yang ingin saya tanyakan, apakah kuman TB masih ada dalam tubuh saya meski sudah menjalani pengobatan 5 bulan? Jika saya mengulangi pengobatan yg sama (konsumsi Ri**** 4FDC), apakah masih ada kemungkinan utk sembuh. Mohon jawabannya..
    *very desperate

  • Chriss says:

    Maaf dok, maksud saya, saya menderita TBC Kelenjar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Recent Comments
"Biasakan BAB tiap hari. BAB yg sulit meningkatkan resiko ca colon"
over a year ago
"Survey di Amerika:3000 org perokok pasif meninggal per tahun karena kanker paru. Perokok pasif lbh berbahaya krn menghisap asap tanpa filter"
over a year ago
"Kanker Paru 90% karena asap rokok. Baik pada perokok aktif atau pasif yg terpapar terus menerus. Jauhkan terutama anak2 dari asap rokok"
over a year ago
"@VikoVit tdk apa2...sehat selalu ya ;-)"
over a year ago
"Sel mengalami mutasi gen menjadi kanker kalau terpapar zat karsinogen terus menerus sehingga DNA berubah"
over a year ago

Terima kasih telah mengunjungi website ini. Website ini saya bangun sebagai upaya memberikan informasi kepada masyarakat mengenai penyakit dalam.
Silahkan memanfaatkan fitur tanya jawab online untuk berkonsultasi seputar ilmu penyakit dalam. Semoga website ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

Dapatkan informasi kesehatan penyakit dalam dengan cara mendaftarkan email anda. Terima kasih

Join 212 other subscribers

Hasil lab feses

This post send by fitri suhermawati Assalamualaikum dokter Betty. Terimakasih sebelumnya telah merespon pertanyaan saya. Begini dok, bayi perempuan saya

Read more

 
Batu Empedu

This post send by Rino Sebastian Dear dr. Betty, Saya Rino, Saya di diagnosa dokter mengalami batu empedu dan katanya

Read more

 
Tes HIV please help

This post send by adi Dear dokter, Pada tanggal 22 Mei 2014, saya beserta istri melakukan test lab untuk penyakit

Read more

 
Feses hitam, sering muntah, uluhati perih

This post send by Erick gunawan Salam dok. Saya ingin mencari informasi mengenai penyakit yang saya derita selama beberapa tahun

Read more