This post send by adi

Dear dokter,

Pada tanggal 22 Mei 2014, saya beserta istri melakukan test lab untuk penyakit kelamin lengkap dengan HIV atas rekomendasi dokter specialis kulit & kelamin di rs swasta. Hal ini dikarenakan hampir 1 bulan yg lalu sekitar tanggal 21-25 April 2014, istri saya mengaku bahwa ia telah melakukan seks dengan pria lain sebanyak 3 x dalam satu minggu tersebut (dengan orang yang sama) dengan kondom & tanpa kondom. disamping itu seks kami pun tetap berlangsung seperti biasa bahkan dengan atau tanpa kondom juga.

Yang membuat saya prihatin adalah hasil lab yang sangat mengkhawatirkan kami,

berikut sepenggal data kami:

Istri: cd4 absolute = 730; cd4%=28%; cd8 absolute=633; cd8%=25%chlamidia igg negatif; chlamidia igm positif 1,33; hiv (ag/ab cimbo) = non reaktif; anti hiv konfirmasi & hiv-rna (viral load) = menyusul sampai 10/07/14

saya: cd4 absolute=682; cd4%=29%; cd8absolute=653; cd8%=28%; chlamidia negatif; hiv (ag/ab cimbo) = non reaktif; anti hiv konfirmasi & hiv-rna (viral load) = menyusul sampai 10/07/14

Sebagai catatan, pada saat test lab, komdisi mental sedang kacau & bahkan kurang sekali tidur saya hanya 1 jam & istri 4 jam.

Dari hasil ini apakah yg dapat disimpulkam Bp/Ibu dokter?

Apakah virus hiv sudah ada di dalam tubuh kami?

Kami sudah konsul ke dokter tersebut dan jawabannya adalah istri saya terjangkit chlamedia dan itu yg diobati terlebih dahulu.

Namun untuk HIV dia belum bisa bicara banyak karena harus menunggu hasil test anti hiv konfirmasi & hiv-rna (viral load) yang belum keluar.

Namun indikasi awal katanya adalah sudah ada virus didalam tubuh namun masih non reaktif, hal ini karena dia melihat hasil cd4% saya dan istri yang dibawah range normal yakni 31-60% (saya 29% dan istri 28%)

Kalau dia bicara begitu artinya kami sudah terjangkit hiv dong?

itu yang sedikit membingungkan karena dari yg saya baca kalau tes hiv non reaktif itu bisa saja negatif atau masih dalam fase jendela 3-6 bulan, untuk cd4 dibawah 500 (absolute-nya mungkin).

Dan apakah dengan cd4% dibawah rata-rata sedikit saja sudah ada indikasi hiv (sementara cd4 absolutenya masih normal – istri=730 & saya=682), padahal seperti yg saya kemukakan, malam sebelum test kami kurang tidur dan mengalami goncangan jiwa yang sangat berat sehingga badan pun tidak fit. Apakah bisa berpengaruh juga pada hasil cd4%nya?

Mohom pencerahannya. Terima kasih.